oleh

Basrin M : Tingkatkan Infrastruktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pencegahan Covid-19 di Dana Desa Tahun 2021

-BERITA, DAERAH-8 views

Konawe, radartenggara.co.id-

Anggaran Dana Desa(DD) Tahun 2021 tahap satu delapan persen, kepala Desa Muara, Basrin M, Kecamatan Kapoiala Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, penggunaannya fokus pada pencegahan Covid-19, serta untuk pemberdayaan masyarakat, bertujuan agar mata rantai virus Corona tidak berdampak pada masyarakat, khususnya masyarakat Desa Muara Samprara. Kades juga menghimbau warganya untuk tetap laksanakan protokol kesehatan baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

Kades menjelaskan, “Untuk penanganan Covid-19 di gunakan untuk pembelanjaan pengadaan masker sebanyak 35 dos, ember cuci tangan, 125 buah, kursi putura 20 buah di peruntukan di posko Covid-19 di tambah dua meja, serta pengadaan baju relawan 30 lembar, satu tower air berukuran 1200 liter dan pembuatan baleho Covid-19 sebanyak empat lembar, Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebanyak 21 KK penyerahan langsung bertempat di Balai Desa Muara Sampara.

Lanjut menambahkan untuk mata pencaharian warga Desa Muara Sampara, hampir rata-rata warganya beraktifitas sebagai nelayan, anggaran tahap dua sebesar 40 persen sebagian besar di gunakan untuk pengadaan perahu Fiber nelayan sebanyak 12 buah, dengan panjang maksimal delapan setengah meter, lebar satu meter.

Guna meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan, SDGS menggunakan sistim aplikasi satu tim beranggotakan 22 orang (termasuk honor), sedangkan Kader Pembangunan Manusia ( KPM) lima orang dan kades Posyandu tiga orang.

“Sebagai pemerintah desa dengan adanya dana desa tahun ini, minta pada warganya agar apa yang telah di berikan oleh pemerintah untuk di gunakan sebaik baiknya,” tutup Basrin.M

Laporan Lias

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed