oleh

DPRD Menggelar Rapat Paripurna Istimewa bersama Pemda Koltim dengan Agenda Memperingati Hari Ulang Tahun Kolaka Timur Ke-9

-BERITA, DAERAH-14 views

Koltim, radartenggara.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar rapat paripurna istimewa bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dengan agenda dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kolaka Timur ke-9 tahun, yang berlangsung di aula pertemuan DPRD Koltim, pada Kamis (21/4/2022).

Ketua DPRD Kabupaten Kolaka Timur Hj. Suhaemi Nasir,S.Pd.,M.Pd berkesempatan membuka kegiatan tersebut. Turut hadiri PJ Bupati Koltim Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si bersama PJ Sekda Sawal Sarifudin serta para pimpinan OPD.

Dalam sambutannya, PJ Bupati Kolaka Timur H. Sulwan Aboenawas mengatakan bahwa dalam memperingati hari ulang tahun ke-9 Kabupaten Kolaka Timur, ia mengajak kepada kita semua untuk menghayati dan membuka memori lembaran sejarah 9 tahun Kabupaten Kolaka Timur.

“Yang mana sejak diperjuangkannya mulai dari periodisasi inisiasi, oleh tokoh-tokoh masyarakat Koltim, yang kemudian dilanjutkan dengan pembentukan forum percepatan pembentukan Kabupaten Kolaka Timur. Oleh karena itu, dikesempatan yang berbahagia ini perkenankan saya mengajak kita semua untuk memberikan apresiasi, dan penghormatan yang setinggi-tingginya, kepada para pejuang, perintis dan pendiri Kabupaten Kolaka Timur, yang telah berkerja keras dan bertekad membangun daerah ini ke arah yang lebih baik,” ucap Sulwan dalam sambutannya.

“Selain optimisme tersebut, kita sadari bahwa pandemi Covid-19 masih terus membayangi kehidupan kita, Covid-19 juga berdampak langsung pada penganggaran pembangunan kita,” lanjutnya.

Akibat dari Covid-19, tatanan perekonomian dan tingkat kesejahteraan masyarakat dianggap mengalami fluktuasi yang sangat signifikan, namun dengan kerja keras semua sehingga beberapa indikator keberhasilan pembangunan dapat kembali berjalan baik.

Perekonomian Kabupaten Kolaka Timur mampu tumbuh sebesar 4,83 persen dimana pada tahun sebelumnya mengalami perlambatan sebesar (0,31) persen. Indeks pembangunan manusia (IPM) terus mengalami peningkatan yakni mencapai mencapai 67,76 persen.

“Angka harapan hidup meningkat dari 72,67 menjadi 72,82 pada dan merupakan urutan ke-2 di Provinsi Sulawesi Tenggara. Jumlah penduduk miskin mengalami penurunan dari 26,38 ribu menjadi 20,03 ribu dengan persentase penduduk miskin sebesar 14,35 persen,” jelasnya.

Di bidang pendidikan, ungkap Sulwan kita masih terus menyesuaikan dengan program belajar yang ditetapkan oleh kementerian pendidikan, sehingga anak-anak kita dapat terus mempertahankan mutu pendidikan meski belajar secara mandiri baik melalui tatap muka maupun secara daring.



“Kami mengajak kepada kita semua untuk bersatu-padu, bergandengan tangan, jalan kita masih sangat panjang. Tantangan kita masih sangat berat, beri kesempatan kepada kami beserta jajaran untuk bekerja dan berbuat yang lebih baik lagi. Kita tunjukkan bahwa Kolaka Timur ini adalah negeri yang ramah, religius dan berbudaya. Penuh dengan tenggang rasa, pendahulu kita telah berjuang membentuk Kolaka Timur ini, tugas kita adalah mengisi perjuangan tersebut dengan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat secara meratakan,” ucap Sulwan.

“Kita hargai perbedaan dan kita kesejahteraan rakyat secara merata. Kita hargai perbedaan dan kita junjung tinggi kebersaman. Kolaka Timur adalah taman mini Sulawesi Tenggara, masyarakatnya heterogen, terdiri dari berbagai suku bangsa dan agama, namun tujuannya satu yaitu adil, makmur dan sejahtera.” pungkasnya.

Laporan Karnito

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed