oleh

Dukung Program PEN Pusat dan Dorong Ekonomi Sektor Riil, Pemkab Konsel Bakal Gelar Bazar UMKM

-BERITA, DAERAH-59 views

Konsel, radartenggara.co.id –

Pandemik Covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Konawe Selatan sejak akhir 2019 lalu, telah memporak porandakan perekonomian dengan turunnya tingkat pertumbuhan ekonomi.

Untuk memulihkan kondisi perekonomian, pemerintah pusat meluncurkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Yang dibentuk dalam rangka percepatan penanganan wabah dan transformasi ekonomi nasional.

Mendukung program PEN tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel berupaya dengan menggerakkan sektor riil yang menunjang pertumbuhan ekonomi daerah, salah satunya program penguatan peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Program yang menunjang ketujuan itu telah dituangkan dalam APBD Konsel. Ini juga merupakan visi misi prioritas 100 hari kerja Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM bersama Wakil Bupati Rasyid S.Sos M.Si.

Implementasi penguatan UMKM sesuai yang dimaksud, Pemda Konsel atas perintah Bupati Surunuddin bakal melaksanakan kegiatan bertajuk “GELAR UMKM KONAWE SELATAN 2021”. Kegiatan direncanakan pada Bulan Juli tahun ini.

Kepastian pelaksanaan kegiatan terungkap saat Bupati Surunuddin memimpin rapat persiapan terkait bazar tersebut di ruang rapat lantai 2 Kantor Bupati. (Rabu, 2/6/21) Rapat diikuti para pimpinan OPD, Asisten, Kepala Bagian dan Camat se-Konsel.

“Dalam rangka mendukung program PEN sekaligus memulihkan ekonomi sektor sektor riil daerah kita, bulan Juli kita akan gelar Bazar UMKM di pelataran Kantor Bupati, saya perintahkan seluruh instansi hingga Pemerintah Kecamatan saling berkoordinasi mensukseskan kegiatan ini,”ucap Bupati Surunuddin dalam rapat.

Kata ia, kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat merupakan bagian dari percepatan pemulihan ekonomi dan juga bentuk sosialisasi tentang upaya peningkatan peran dan kinerja UMKM melalui akses keuangan daerah.

Diungkapkan Bupati, pada kegiatan Bazar dirinya akan mengundang pihak Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebagai badan investasi dibawah naungan Kemenkeu untuk menyalurkan kredit lunak kepada UMKM dengan bunga rendah.

“Gelar UMKM nanti, kita akan bersinergi dengan PIP, berharap diacara nanti mereka bisa langsung salurkan skema pembiayaan, sehingga pelaku usaha kecil bisa terbantu permodalan yang berdampak terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah kita,” tutur mantan Ketua DPRD Konsel ini.

Selain itu, Bupati petahana ini berharap melalui kegiatan dapat mendorong daya beli masyarakat dan meningkatnya kemampuan SDM UMKM dalam hal kewirausahaan.

Sementara saat ditemui, Kabag Ekonomi Setda Konsel Gunawan Syah S.Sos selaku penanggung jawab kegiatan, mengatakan bahwa “Gelar UMKM Konsel 2021, ini juga merupakan bagian dari program unggulan 100 Hari Pemerintahan Bupati dan Wabup terpilih pasca Pemilu 2020 lalu, peserta para pelaku usaha perwakilan 25 Kecamatan se -Konsel, yang pelaksanaannya sehari dan terbagi tiga kegiatan inti, yakni bazar UMKM, penandatanganan MoU kerjasama pembiayaan dengan lembaga Bank dan Non Bank serta pelatihan kewirausahaan bagi pelaku UMKM,”ungkapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed