oleh

KPH Unit XII Ladongi Tangkap Kayu Ilegal Logging dan Gencar Patroli Perambahan Hutan

-BERITA, HUKUM-168 views

Koltim, radartenggara.co.id-

Berdasarkan laporan masyarakat terkait perambahan hutan dan ilegal logging di Kabupaten Kolaka Timur, kesatuan pengelolaan hutan (KPH) unit XII Ladongi melakukan patroli.

Kegiatan ini sudah berlangsung selama tiga hari, dari hasil patroli yang lakukan sudah beberapa kubik kayu yang berhasil di amankan oleh pihak Polhut (polisi kehutanan) KPH unit XII Ladongi.

Awaluddin anggota Polhut yang sempat dikonfirmasi media ini, Jumat 4 Juni 2021, mengungkapkan bahwa ada laporan dari Lurah yang ada di Kecamatan Mowewe bahwa telah terjadi ilegal logging yang dilakukan oleh masyarakat, setelah kami cek benar ada.

Setelah dilakukan patroli di Kecamatan Lalolae, ditemukan ada kayu ilegal logging dan kami bawa ke kantor KPH unit XII Ladongi untuk dilanjutkan sebagai barang bukti dan dibuatkan serah terima dari pemerintah setempat apabila ada masyarakat yang merasa kehilangan kayu supaya bisa klarifikasi di kantor KPH Ladongi.

Lanjut Awaluddin bila ada masyarakat yang mengakui sebagai pemilik kayu tersebut, kami undang untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya, ijin yang ada di KPH Ladongi hanya kayu tanaman masyarakat dan yang masuk perhutanan sosial (PS).

Ditempat yang sama Kepala UPTD KPH unit XII Ladongi, Julianus SE menghimbau kepada masyarakat agar meninggalkan pekerjaan ilegal logging karena dampaknya sangat besar kepada masyarakat luas.

“Adapun kejadian ini mudah-mudahan harapannya janganlah ketergantungan dengan pekerjaan tebang pohon dan ambil kayu, semoga mereka bisa cari pekerjaan tetap, bila untuk bikin rumah pribadi bisa, tetapi harus ada koordinasi sama pemerintah setempat dan bisa juga kami tunjukan yang wajib dan layak ditebang,” tutup Kepala UPTD KPH unit XII Ladongi.

Laporan Karnito

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed