oleh

Pemdes Adaka Jaya Sukses Realisasikan DD APBN dan ADD APBD, Target 100 Persen Sudah Rampung

-BERITA, DAERAH-5 views

Konsel, radartenggara.co.id- Pemerintah Desa Adaka Jaya, Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dipimpin oleh Sunar selaku Kepala Desa (Kades) pihaknya terus genjot pembangunan desa melalui kucuran Dana Desa (DD) APBN untuk tahun anggaran 2021.

Menurut Sunar Kades Adaka Jaya adapun program yang telah kami realisasikan sebagian besar di pembangunan dan peningkatan infrastruktur dan sebagian di pencegahan dan penanggulangan Covid-19, serta program Stanting dan SDGs.

“Adapun program kami mulai dari tahap I dan II sampai ke tahap III realisasi dana desa tersebut alhamdulillah semua sudah rampung 100 % (persen) dengan adanya bantuan dari semua pihak. Diantaranya program kami adalah penataan pasar desa melalui penimbunan dan pembangunan drainase serta peningkatan Jalan Usaha Tani (JUT) dan ada juga pembangunan drainase,”beber Kades Adaka Jaya saat ditemui oleh wartawan radartenggara. co.id, Minggu (09/01).

“Adapun peningkatan JUT tersebut terbagai dua (2) tempat dengan volume pekerjaan 1,8 kilo meter atau 1.800 meter,”lanjut Sunar Kades Adaka Jaya.

Selain itu realisasi dana desa kita juga programkan ke pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sebanyak Rp.22 juta dan ada juga program pengadaan tempat cuci tangan sebanyak 5 unit yang kita simpan di tempat-tempat umum seperti mesjid dan pasar.

Sementara dimasa pandemi Covid-19, Pemdes Adaka Jaya yang melibatkan semua unsur seperti TNI dan POLRI sangat berperan dalam penanggulangan bencana Covid-19, agar masyarakat bisa terhindar dari penyebaran virus Corona dengan melakukan penyemprotan desinfektan kerumah-rumah warga, dan ketempat fasilitas umum seperti tempat ibadah dan kantor Desa.

“Disamping itu untuk program pencegahan dan penanggulangan bencana dampak Covid-19, yang 8% (persen) kita anggarkan di pengadaan masker yaitu setiap hari raya besar seperti Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha dan Hari besar lainnya kita selalu membagikan masker kepada masyarakat agar terhindar dari penyebaran Covid-19. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan setiap kegiatan di Desa,”ujarnya.

Disamping itu pembagian Dana Bantuan seperti BLT, PKH, Bansos, berjalan sukses dan tuntas, serta kegiatan stanting, SDGs dan kegiatan pelatihan PKK didesa juga berjalan sukses dan lancar ditambah lagi kegiatan kaji banding ke luar daerah juga berjalan lancar.

Perlu diketahui bersama bahwa dengan adanya kebijakan pemerintah melalui kucuran Dana Desa (DD) APBN dan kucuran (ADD) APBD anggaran tersebut sangat membantu Pemerintah Desa dalam mensukseskan semua kegiatan di Desa dan juga sangat berperan dalam peningkatan infrastruktur di Desa yang berdampak positif bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahtraan masyarakat.

“Jadi sebagai kepala desa terpilih, saya terus menggenjot pembangunan infrastruktur di desa bahkan dengan bergulirnya anggaran DD tahun anggaran 2021, tak hentinya memberikan yang terbaik bagi warganya dengan cara membangun desa demi peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat Desa Adaka Jaya yang saya pimpin saat ini. Dengan pagu anggaran dana desa sebesar ini masyarakat Desa Adaka Jaya menikmati hasil pembangunan yang prioritas bagi kepentingan masyarakat lokal,”tutupnya.

Laporan Sultan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed