oleh

Pemerintah Desa Kapoiala Baru Realisasikan Anggaran Dana Desa Tahap I Dan II Tahun 2021

-BERITA, DAERAH-34 views

Konawe, radartenggara.co.id-

Penggunaan anggaran Dana Desa tahap I tahun 2021 dengan jumlah penerima anggaran 8 % dari jumlah anggaran Dana Desa (DD) dalam satu tahun di Desa Kapoiala Baru Kecamatan Kapoiala Kabupaten Konawe (Sultra) sudah di realisasikan, karena untuk anggaran Dana Desa (DD) tahap I tahun 2021 ini di prioritaskan untuk penanganan Covid-19.

Kades Kapoiala Baru Abd Majid, saat di konfirmasi di kediamannya Kamis 26/8/2021 mengatakan, “Penanganan Covid-19 yang dimaksud antara lain pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebanyak 20 KK, pengadaan alat cuci tangan berupa tandong sebanyak 3 (tiga) buah yang di tempatkan di setiap dusun, selain tandong ada pengadaan alat cuci tangan yang terbuat dari galon pakai kran, di bagikan di setiap rumah serta pengadaan baju relawan Covid-19, juga ada pengadaan posko relawan penanganan Covid -19”.

Lanjut mengatakan,”Sedangkan untuk anggaran Dana Desa tahap II tahun 2021, dengan nilai anggaran 40% dari anggaran Dana Desa (DD) penggunaan anggarannya, ada pembagian BLT sebanyak 20 Kepala Keluarga (KK) dalam satu KK menerima Rp.300 000,- (tiga ratus ribu rupiah), serta ada pekerjaan peningkatan jalan sepanjang 1 kilometer setengah, namun kegiatan fisik belum dapat di laksanakan karena kondisi cuaca hujan”.

“Apabila dilaksanakan pekerjaan peningkatan jalan dengan kondisi cuaca seperti saat ini, berakibat pada pengurangan kwalitas jalan sehingga tidak bagus dan cepat rusak, karena yang kita butuhkan kwalitas pekerjaan bukan asal jadi pekerjaan,”tutur Majid.

Desa Kapoiala memiliki jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 148 dan wajib pilih 429 yang memiliki potensi wilayah yang masyarakatnya sebagian mengelolah tambak ikan dan usaha kos-kosan dan ada juga sebagian warga kerja di perusahaan tambang VDNI dan OSS. Berharap semoga Covid-19 ini cepat berakhir sehingga bisa melakukan aktivitas kembali seperti tahun sebelumnya.

“Selaku Pemerintah di desa apa yang telah di berikan oleh pemerintah mari kita bersyukur, saya (Abd Majid) selaku Kades hanya bisa memberikan yang terbaik untuk warga masyarakat untuk membangun Desa Kapoiala Baru, Walaupun belum mencapai satu priode menjadi Kepala Desa di Desa Kapoiala Baru ini,”Pungkasnya.

Laporan Lias

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed