oleh

Pesona Destinasi Wisata Jembatan Lingkar Lapoili Menjadi Ikon di Buton Selatan

-BERITA, DAERAH-75 views

Busel, radartenggara.co.id- La Ode Abdul Halim seorang Kepala Desa di Buton Selatan penggagas destinasi wisata jembatan lingkar Lapoili yang terletak di Desa Wawoangi, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Wisata yang mulai dibangun di tahun 2018 ini murni anggaran dari Dana Desa (DD) dan kini sudah ramai di kunjungi warga baik lokal maupun mancanegara, bahkan wisata ini terpilih untuk masuk 10 besar Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021. (Antara/HO-Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

Objek wisata ini masuk nominasi 10 besar Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 sebagai destinasi kreatif gagasan seorang kepala desa (La Ode Abdul Halim) melalui anggaran Dana Desa mulai tahun 2018-2021.

La Ode Abdul Halim saat ditemui wartawan di lokasi wisata (Sabtu 25/9/2021) menjelaskan awal mulanya menciptakan ide untuk pembangunan objek wisata tersebut, “Keikutsertaan destinasi daerah itu pada event API tersebut berawal dari permintaan setiap kabupaten/kota di tanah air untuk mengusulkan nominasi-nominasi destinasi yang ada di daerahnya”.

Bangunan yang dirancang sedemikian rupa sebagai simbol adanya 7 Gasebo di dalam lingkaran jembatan tersebut karena terdapat 7 tokoh masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Buton Selatan.

Ada 10 objek wisata yang masuk destinasi kreatif yakni antara lain:
1. Hutan kertas Kabupaten Karawang 4%.
2. Kampung Yoboi Kabupaten Jayapura 4%.
3. Tikako Kabupaten Banjarnegara 6%.
4. Pojok kreatif sungai penuh Kabupaten Sungai Penuh 12%. 5. Monumen cinta sejati Kota Pare- Pare 13%.

6. Batu Love garden Kota Batu 3% . 7. Asia Farm Kota Pekanbaru 3%.
8. Talang Indah Kabupaten Pringsewu 1%.
9. Anjungan Tapaktuan tapa Kabupaten Aceh Selatan 27%. 10. Jembatan Lingkar Lapoili Kabupaten Buton Selatan 27%.

La Ode Abdul Halim berharap, seluruh warga Sulawesi Tenggara dapat mendukung destinasi tersebut sehingga mendapat juara melalui instagram, atau youtube, juga bisa melalui SMS (pesan singkat) dengan cara ketik API 15E kirim ke 99386, yang mana dibuka mulai 1 Juli hingga 31 Oktober 2021.

“Saya juga berharap kepada pemerintah daerah maupun pusat agar dapat membantu anggaran pembangunan yang belum rampung” tutup La Ode Abdul Halim.

Laporan TIM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed