oleh

Susunan Baru Perangkat Daerah Kabupaten Kolaka Timur Telah Resmi Ditetapkan

-BERITA, DAERAH-99 views

Koltim, radartenggara.co.id- Susunan perangkat daerah atau OPD Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) yang baru telah resmi ditetapkan menjadi sebuah Peraturan Daerah atau Perda.

Keputusan ini dicapai dalam Rapat Paripurna DPRD Koltim dengan agenda persetujuan penetapan, pandangan akhir fraksi dan tanggapan Bupati atas pandangan akhir terhadap Raperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) pada Rabu (29/12/2021) di Ruang Rapat DPRD Koltim yang dipimpin oleh Ketua DPRD Koltim Hj.Suhaemi, Pj Bupati Koltim yang di wakili Pj Sekda H.Belli S.E.,M.Si.

Atas keputusan ini, Pj Bupati Kolaka Timur memberikan tanggapan yang di bacakan oleh Pj Sekda antar lain menyampaikan, penetapan Rancangan Perda Kolaka Timur, tentang perubahan kedua atas Perda Koltim Nomor 21 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Koltim.

Ia merinci, ada beberapa point penting yang disampaikan melalui pandangan akhir fraksi ini, yakni antara lain bahwa peningkatan tipologi urusan pemerintahan yang berdampak dengan berubahnya nama, bertambahnya jumlah bidang ataupun terbentuknya organisasi perangkat daerah yang baru, senantiasa dilaksanakan dengan berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah.

Kemudian bahwa pembentukan suatu organisasi perangkat daerah senantiasa berpegang teguh pada beberapa asas. Yakni, asas urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, Intensitas urusan pemerintahan dan potensi daerah, Efisiensi, Efektivitas, Pembagian habis tugas, Rentang kendali, Tata kerja yang jelas dan Fleksibilitas.

Lalu, bahwa benar sektor pendapatan asli daerah yang belum maksimal menjadi alasan penting mengapa badan pendapatan daerah Kabupaten Koltim perlu untuk dibentuk menjadi satu organisasi perangkat daerah yang mandiri. Hal ini kata dia, sejalan dengan masukan dari anggota DPRD Kabupaten Kolaka Timur guna menggenjot sektor pendapatan asli daerah Koltim, salah satunya dengan membentuk badan pendapatan daerah Koltim.

Terus, bahwa terkait adanya urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, belum diakomodir ataupun belum maksimal dalam pelaksanaan tugas, dikarenakan kecilnya bentuk perangkat daerah, akan kami identifikasi untuk segera dilakukan penyesuaian tipologi dengan tetap berpedoman pada asas pembentukan organisasi perangkat daerah.

“Bahwa saya mewakili Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) secara khusus mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan dan anggota-anggota DPRD Kabupaten Kolaka Timur yang telah bekerja keras menuntaskan pembahasan dan perumusan Raperda ini, sehingga rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kolaka Timur Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Kolaka Timur Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kolaka Timur, dapat ditetapkan menjadi peraturan daerah yang difinitif untuk melaksanakan sebagaimana mestinya.

Diskominfo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed